TATA CARA PERLOMBAAN
1.
Sistem
Perlombaan
Perlombaan ISHED ini menggunakan Australian Parliamentary System (APS), dalam
sistem ini, perlombaan dilakukan antar 2 (dua) tim yang masing-masing
beranggotakan 3 (tiga) orang peserta. Dua tim ini terdiri dari “Affirmative Team” (The government team) dan
“Negative Team” (the opposition
team). Pembicara perama, kedua dan ketiga baik dari “Affirmative Team” ataupun “Negative
Team” mendapatkan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing
selama 7 menit. Topik yang diperdebatkan atau yang disebut dengan “Motion”, akan dipilih dan ditetapkan
beberapa saat sebelum lomba dimulai. Kedua tim kemudian akan diberi waktu 15
menit untuk menyiapkan argumentasi (case building), dan membagi peran pembicara
untuk masing-masing anggota (team`s split).
Pembicara dari “Affirmative Team” harus mempertahankan pendapat bahwa mereka mendukung
subtansi topik (motion) yang sudah ditentukan. Sedangkan “Negative Team” harus memberi sanggahan terhadap pendapat yang
dikemukakan “Affirmative Team”.
Setelah masing-masing pembicara dari kedua
tim mendapatkan gilirannya untuk berbicara, debat diakhiri dengan penyampaian
rangkuman terhadap pendapat yang telah disampaikan oleh timnya ataupun tim
lawan, dengan waktu selama 5 menit oleh pembicara penutup (Replay Speaker).
Hanya Pembicara pertama atau kedua dari masing-masing tim boleh menjadi “Replay Speaker”.
2.
Juri
Juri didalam debat menggunakan APS disebut
Adjudicator. Tim Adjudicator terdiri dari 3 (tiga) rang masing-masing
Adjudicator harus memberikan penilaian terhadap penampilan pembicara dari
setiap tim yang berlomba. Diakhir debat ketiga Adjudicator memberikan rangkuman
hasil penilaian dan komentar yang menjadi dasar memenangkan atau mengalahkan
masing-masing tim secara terbuka kepada peserta. Adjudicator terdiri dari para
( )serta para pendamping
peserta debat dari masing-masing SMK/SMU/MA atau mereka yang ditunjuk oleh
panitia berdasarkan kapabilitas mereka.
3.
Putaran
Lomba
Lomba debat akan dilaksanakan dalam 3
putaran: putaran I (penyisihan), putaran
II (semi final) dan Putaran III (grand final). Putaran I akan dilaksanakan
pada hari pertama kegiatan, sedangkan putaran II dan III akan dilaksanakan pada
hari kedua. Dengan demikian seluruh kegiatan lomba debat akan berlangsung selam
dua hari.
4.
Pemenang
Pemenang debat dengan sistem APS meliputi Juara I (The champion) dan Juara II (Runner Up). Sedangkan Juara III (second Runner Up) adalah
tim-tim yang tidak masuk pada gran Final dari 4 besar tim-tim yang kalah,
sehingga terdapat dua juara III dengan pertimbangan memberikan penghargaan yang
seimbang pada tim yang tidak masuk Grand Final. Disamping itu diberikan juga
penghardaan kepada pembicara terbaik (The
Best Speaker of 1st ISHED 2012) diakhir lomba. Pada
setiap pertandingan debat juga dipilih “The
Best Speaker of the Match”. Penghargaan sebagai “The Best Speaker of the 1st ISHED 2012” diberikan kepada
anggota tim yang berhasil memperoleh predikat “The Best Speaker of the Match”
dengan frekuensi terbanyak.
5.
Hadiah
·
Juara I : Piagam penghargaan, thropy untuk
sekolah dan uang pembinaan 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah).
·
Juara II : Piagam penghargaan, thropy untuk
sekolah dan uang pembinaan 1.000.000,- (stu juta rupiah).
·
Juara III : Piagam penghargaan, thropy untuk
sekolah dan uang pembinaan 350.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
6.
Fasilitas
bagi pesrta dan pendamping
§
Seluruh peserta akan diberikan certificate of participation oleh
panitia Pelaksana
§
Paniti menyediakan makan siang dan makan minum
ringan bagi seluruh peserta dan guru pendamping selama pelaksanaan lomba.
§
Bagi peserta dan dan guru pendamping yang
berhasil lolos ke putaran semi final dan grand final akan disediakan
penjemputan oleh panitia.
7.
Materi
Lomba
Materi lomba seputar masalah Ekonomi,
Politik, Kesehatan, Hukum, Pendidikan kebudayaan dan Pariwisata, dan olahraga
serta Pendidikan Karakter Bangsa yang pernah terjadi atau sedang terjadi di
Indonesia. (Daftar Motion lomba terlampir).
8.
Waktu
dan Tempat Pelaksaan
§
Waktu pelaksaan 1st ISHED : 1-2 Maret 2012
§
Tempat Pelaksaan :……….
9.
Peserta
Peserta 1st ISHED 2012 adalah para siswa SMU/SMK/MA di wilayah
Pagar Alam. Anggota tim bebat adalah siswa aktif yang dibuktikan dengan
menunjukan Kartu Siswa asli pada waktu konfirmasi pada panitia.
Syarat-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar